Sunday, July 22, 2007

Aksi VS Kekerasan

............
............
Kepada para mahasiswa
yang merindukan kejayaan
kepada pewaris peradaban
dipersimpangan jalan...
wahai kalian yang rindu perubahan
wahai kalian yang turun ke jalan
demi mempersembahkan jiwa dan raga
demi negri tercinta
............
............
SALAM mahasiswa !!!!

Vi.. mau kemana... Ada aksi Pit, di Kejagung .. masalah apa nih yang mau diangkat ?? Itu. tentang kavling gate yang belum tuntas .. OO begitu hati-hati.. ya. dan tetap semangat !!!

Sorenya.. pada saat nonton berita di RCTI, salah satunya ttg terjadi sedikit kerusahan pada aksi di depan Kejagung Bandung, langsung volume TV ku tambah ... dan kulihat ada wartawan yang terluka dan aksi dorong-dorongan antara polisi dan mhs. dan ada kado kura-kura untuk kejagung sebagai simbol kelambanan mereka menyelasaikan kasus ini. saluut ....

Aku jadi ingat peristiwa th 1998, dimana mahasiswa berkumupul di depan ged MPR untuk menurunkan Soeharto .. dan mereka berhasil. Aku masih ingat pada saat aku mengikutinya di TV dan saat itu aku masih SMP.... aku begitu terkesima ketika melihat semua mahasiswa yg berada disana berteriak senang, berlompatan, saling berangkulan saat Soeharto akhirnya mengundurkan diri dari kursi kepresidenan. " Perjuangan kita berhasil !!! " itu kalimat yang kudengar. refleks hati ku berkata "Jika aku menjadi mahasiswa .. aku juga ingin seperti mereka .. "

Seseorang pernah berkata kepadaku. "Pit.. mungkin pada saat masih berstatus mahasiswa, kalian masih memegang idealisme, prinsip dengan kuat.. tapi kalau kalian udah masuk ke dunia kerja... prinsip itu lama kelamaan akan luntur, tergantikan dengan kepentingan yang lain .. ya . daripada anakku, keluargaku gak makan ..??!@# Contohnya lihat si A, si B, dulu pada saat kuliah dia terkenal sbg aktivis mahasiswa, tapi coba lihat sekarang .. malah berbeda 180 derajad " .

"ya memang tidak bisa disalahkan juga, memang ada yang seperti itu, tapi gak semuanya juga kan yang seperi itu... jadi salah juga kalo dipukul rata untuk semuanya ". "Tapi gak cuma dengan aksi kan " ?? Emang .... benar .. aksi cuma salah satu cara, diantara sekian banyak cara yang bisa ditempuh .. asalkn niat dan tujuannya benar ..

pernah ada juga yang bilang begini kepadaku"Kenapa sih mau berpanas-panas di jalan, teriak gak jelas ??? demi sesuatu yang belum tentu ditindak lanjuti ????, nggak ngerti deh ... "

"karena suara mahasiswa itu cenderung lebih didengar, dan cara cepat menarik orang lain untuk mendengarkan ya dengan aksi .... maka mahasiswa melakukan hal itu " , turun ke jalan, meneriakkan ketidakadilan... kadang dengan mengorbankan yang lain .. kuliah misalnya (maaf,.. untuk teman-temanku yng membaca dn merasa .. aku gak bermaksud membongkar aib kog :), tapi kuyakin kalian tidak tersinggung kog.. senyummasem iya ... )

Ciri pergerakan mahasiswa yang utama ( yang kutau) merupakan gerakan moral , tidak ada pamrih, dan berasal dari hati nurani ...yang tidak rela melihat adanya penindasan, kesewenangan. Mahasiswa -- identik sebagai seorang pemuda.. dimana pada saat itu usia "emas" dan fase kehidupan seseorang, fisik kuat, pemikiran bagus, kaya akan ide kreatif .. sayang kalau modal itu cuma dihabiskan untuk hura-hura dan memikirkan diri sendiri aja, terserah disekitarku mau seperti apa .. ada yang gak makan . bodo amat .. !!!, ada yang putus sekolah.. salah sendiri . kenapa miskin .. !#$@@!!

Ya kuharap ciri itu tidak pernah luntur ditelan zaman, dikalahkan oleh konflik kepentingan. Mahasiswa .... agent of change ... masyarakat intelek.. setauku, banyak masyarakat diluar sana yang berharap pada mahasiswa ... " adek-adek yang kuliah .. tolong dong suarakan penderitaan kami .. ke bapak-bapak wakil rakyat itu .. "

Ya itulah kehidupan mahasiswa dan sempat kurasakan, ikut membentuk dan "mewarnai " kehidupanku, pemikiranku... aku senang dan bangga menjadi mahasiswa.. belajar teknologi .. belajar kalkulus.. belajar logika dan algoritma .. belajar berorganisasi.. belajar mengeluarkan pendapat..berinteraksi dengan orang banyak..de-el-el. ya.. semoga semua pengalaman yang kita peroleh di bangku kuliah dapat bermanfaat nantinya di kehidupan pada saat kita sudah tidak berada dikampus lagi. semoga kita - eks mahasiswa membawa manfaat dimanapun kita berada.


" sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia yang lain - Hadist rasullah "


Untuk yang udah sering jadi dan danlap, korlap .. silahkan berkomentar panjang ..
Sekali lagi ini versiku .. sudut pandangku menilai sesuatu, kuyakin, setiap orang juga punya sudut pandang yang berbeda .. selama kita saling menghargai pendapat masing-masing, bukankah itu akan jadi indah ???, mau berkomentar beda juga .. monggo

No comments: